Tips memilih roborovski (robovski)


Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika anda ingin mengadopsi hamster jenis Roborovski ... Hal ini perlu diperhatikan karena saat anda sudah mengadopsinya, kalian akan bersama untuk kurang lebih 2,5-4 tahun ke depan...
Perlu diperhatikan bahwa hamster jenis robovski tidak begitu cocok untuk anak kecil, untuk anak 12 tahun ke atas bisa memelihara hamster ini, tapi diperlukan kesabaran..
Hamster adalah makhluk nocturnal, maka saat hendak memilihnya lebih baik pada saat sore / malam hari, saat mreka sudah bangun dan sadar sepenuhnya.
Saat memilih Robovski perhatikan hal-hal berikut:
  • Lincah - Robovski harus lincah, mempunya reflek tinggi dan rasa ingin tahu yang besar ( contoh mengendus" benda asing). Ketakutan atau terlihat malas merupakan tanda" dari hamster yang sakit..
  • Mata jernih dan bersih - Robo harus mempunyai mata yang bersih dan jernih serta mengkilat. Mata yang berair atau tidak mengkilat merupakan tanda" adanya penyakit. Adanya belek mata/kerusakan pd mata dapat merupakan tanda dari penyakit flu, infeksi, atau penyakit pd umumnya.
  • Telinga yang bersih - Telinga yang merah dan kotor merupakan tanda dari penyakit 'mites'. Telinga yang cacat/sobek dapat merupakan tanda perkelahian ( hati hati ada roborovski yang galak jika hal ini terjadi !)
  • Bulu tebal dan bersih - Bulu yang tipis atau botak sebagian merupakan tanda dari infeksi jamur/parasit. Bulu yang sangat tipis di sluruh tubuh merupakan tanda hamster itu blum cukup umur untuk dijual. Hamster merupakan binatang yang bersih.. bulu yang kotor merupakan tanda dari penyakit ( hiraukan alasan penjual ). Bulu terlihat berminyak biasanya merupakan tanda dari kurangnya kebersihan, sesampainya di rumah berikan pasir mandi.

Hal yang perlu diperhatikan bila membeli di pet shop/breeder :
  •  Belilah hamster pada toko pet shop / breeder terpercaya..
  • Hamster harus dipisah kandang sesuai jenis kelamin. Karena bila dicampur, bisa saja anda mendapatkan hamster yang beranak..
  • Dalam kandang harus terdapat tempat minum, makan, dan tempat tidur/bedding..
  • Hamster setidaknya harus berada di tempat yang tidak terlalu kecil.. ukuran 20x10 untuk 4-6 anak hamster.. Jika tidak, maka hamster bisa stress dan berkelahi.
  • Hamster tidak boleh terlalu muda, di pet shop setidaknya berumur 5-6 minggu. Hamster yang terlalu muda rawan penyakit dan masalah lainnya.

Satu atau Sepasang ??

Rata-rata hamster mini dapat dirawat seekor.. Tapi untuk jenis robovski lebih baik memelihara sepasang ( jenis kelamin boleh sama, asal jangan maho aja )

Perlu diperhatikan bahwa bisa saja suatu saat nanti mreka cekcok dan tidak akur. 2 ekor Robovski betina yang sedarah, lebih baik untuk mencegah keributan dibandingankan dengan 2 ekor robovski jantan..
Terlalu banyak jantan pada suatu koloni ( 2-3 max) dapat menyebabkan perkelahian dan perebutan kekuasaan..

Akhir kata, Ketelitian dan Hati" saat memilih hamster, daripada anda menyesal di kemudian hari..

Ide yang bagus untuk membawa kandang portable saat hendak mengambil hamster, dan siapkan terlebih dahulu kandang serta alat" di rumah.. Sehingga saat sampai di rumah hamster langsung beradaptasi dan mengurangi tingkat stress nya.. Sedikit tambahan dari saya, jauhkan hamster dari terik matahari yang dapat menyebabkan heat stroke.. Dan jauhkan juga dari angin malam.. (paling baik ditaruh di dalam tas terbuka, jangan taruh di jok mobil pd siang hari)

Sumber
Credit To : slyph88


0 komentar to "Tips memilih roborovski (robovski)"

Post a Comment

About Me and NineCatz

Halooow...Hamster Lover. Selamat Datang di "NineCatz Hamster Shop" Disini kami menyediakan berbagai Artikel seputar Hamster, dan juga menawarkan berbagai hamster yang siap untuk anda miliki. Tentunya dengan harga yang lebih murah dan terjangkau...Thanks....

Alamat : Jl.Juanda dpn SMP Darul hikam, Dago
Kota : Bandung (Jawa Barat)
No Telp : 08996917502 / 085222606554
E-mail : whereisnio@gmail.com
ID Kaskus : Menand

Followers

Hamster Virtual Pet